Minggu, 25 Agustus 2013

Pekan Hukum Nasional 2013



Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan berkah-Nya, Pekan Hukum Nasional (PHN) bisa berjalan dengan lancar. Ide PHN sendiri pertama kali di promotorin oleh Kelompok Studi Penelitian (KSP) “Principium” sebagai salah satu UKM FH UNS. Dilatar belakangi semangat untuk memperbaiki kondisi hukum nasional, menyadari bahwa  mahasiswa hukum Indonesia memiliki peran penting sebagai kaum intelekual muda, serta keinginan untuk turut serta atau berpartisipasi aktif dalam mengisi pembangunan negeri ini, maka terajutlah Pekan Hukum Nasional yang membanggakan ini. Disisi bersamaan pihak dekanat dari fakultas pun menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan yang telah kami selenggarakan ini. Selain dukungan dari fakultas, KSP “Principium” juga bekerjasama dengan Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (IPMHI) menyelenggarakan Kegiatan Pekan Hukum Nasional 2013. 

Untuk Tahun 2013 ini kami menganggkat PHN yang bertemakan "Aksesibilitas Hukum bagi Rakyat Indonesia". Tema ini tak terlepas dari semangat kami untuk mengupayakan penguatan aksesibilitas hukum bagi rakyat, khususnya rakyat miskin dan terpinggirkan. Kami melihat fenomena belum optimalnya pemenuhan hak-hak rakyat Indonesia sebagai warga negara yang seharusnya dijamin oleh Konstitusi. Salah satu dari sekian banyak penyebabnya adalah masih terbatasnya akses yang dimiliki rakyat untuk memperoleh informasi dari berbagai mekanisme dan prosedur pelaksanaan pelayanan dari berbagai kegiatan pembangunan baik yang sifatnya mikro maupun makro.

Pekan Hukum Nasional 2013 merupakan suatu bentuk rangkaian acara yang meliputi Lomba Karya Tulis Ilmiah Piala Bergilir Mahkamah Agung 2013, Kompetisi Contract Drafting, Workshop Nasional, Konferensi Mahasiswa Hukum Indonesia (KMHI), dan Seminar Nasional.bKami selaku panitia berharap dengan dilangsungkannya kegiatan ini, dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan gagasan serta pemikiran yang solutif demi kemajuan membangun negeri ini. Selain itu, kami berharap dengan adanya acara ini mampu menjadi wadah untuk memperbaiki dan membangun Indonesia menjadi lebih baik.

0 komentar: