Minggu, 25 Agustus 2013

Lomba Karya Tulis Mahasiswa Piala Bergilir Mahkamah Agung 2013



Lomba Karya Tulis Mahasiswa Piala Bergilir Mahkamah Agung Tahun 2013 yang kemudian disingkat LKTM–MA 2013 dilakasanakan pada tanggal 12 Juni 2013 merupakan bagian dari rangkaian acara Pekan Hukum Nasional 2013 bertemakan “Semiotika Bantuan Hukum Bagi Rakyat Indonesia” yang dimaksudkan untuk memberikan gagasan kreatif mengenai pemberian bantuan hukum bagi rakyat Indonesia. Melihat fenomena bantuan hukum yang tidak merata dan hukum yang ada di Indonesia yang terkesan tajam ke bawah dan tumpul keatas membuat mahasiswa fakultas hukum harus berpikir lebih berkembang, progresif dan memiliki inovasi dalam bentuk aspirasi yang tertuang secara tertulis melalui karya tulis yang di kompetisikan. Mahasiswa adalah agent of change sudah semestinya memiliki gagasan-gagasan yang solutif untuk mebangun Indonesia agar menjadi lebih baik dengan penyampaian aspirasi yang baik pula, untuk itulah dituangkan dalam bentuk karya tulis yang diharapkan dapat menjadi cara penyampaian pendapapat yang efektif dan cara pembelajaran agar dapat berpikir kritis dalam menghadapi fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat.

Tujuan umum dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menghasilkan sebuah karya tulis dibidang hukum secara keseluruhan yang mudah diimplementasikan di masyarakat. Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan ini yaitu :
  1. Merangsang pikiran mahasiswa untuk berpartisipasi dalam memberikan sumbangsih pemikiran dalam peran mahasiswa dalam penegakan hukum di Indonesia melalui karya tulis.
  2. Meningkatkan kualitas ilmu peserta dalam mengembangkan pembangunan hukum nasional melalui Lomba Karya Tulis Mahasiswa.
  3. Mencetak dan membangun mental peserta dalam rangka persiapan menghadapi sebuah kompetisi menulis.
Peserta LKTM–MA adalah mahasiswa Fakultas Hukum Seluruh Indonesia terdiri dari 35 tim pendaftar yang berasal dari berbagai Universitas seperti Universitas Padjajaran, Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, Universitas Mulawarman, Universitas Indonesia, Universitas 17 Agustus, Universitas Katholik Parahyangan, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Islam Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Semarang, yang kemudian melalui seleksi berkas terpilihlah 8 (delapan) tim terbaik yang lolos dan berhak mengikuti seleksi presentasi yakni:
  1. Tim Yakub Ginting – Universitas Padjajaran
  2. Tim Burhan Dahlan – Universitas Islam Indonesia
  3.  Tim Imron Anwari – Universitas Gadjah Mada
  4.  Tim Abdul Gani Abdullah – Universitas Brawijaya
  5.  Tim Mukhtar Zamzami – Universitas Gadjah Mada
  6. Tim M. Hakim Nyak Pha – Universitas Padjajaran
  7. Tim Dudu Duswara M – Universitas Brawijaya
  8.  Tim Zaharuddin Utama – Universitas Padjajaran
Setelah mengikuti seleksi presentasi dari 8 (delapan) finalis tersebut terpilihlah 3 (tiga) tim terbaik yang kemudian ditetapkan sebagai juara yakni:
  1. Juara I (pertama) Tim Imron Anwari – Universitas Gadjah Mada
  2. Juara II (kedua) Tim Abdul Gani Abdullah – Universitas Brawijaya
  3. Juara III (ketiga) Tim Zaharuddin Utama – Universitas Padjajaran
Dalam presentasi karya tulisnya para peserta mendapat berbagai pertanyaan dari dewan juri yang menuntutnya agar dapat berpikir out of the box, mengembangkan pemikiran yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain jadi menciptakan suatu pemikiran yang baru dengan tidak terfokus pada satu sisi tetapi juga melihat sisi yang lain dengan harapan dapat diimplementasikan ke dalam kegiatan yang positif dan membangun dalam masyarakat. Dengan adanya LKTM-MA 2013, mahasiswa dalam kepenulisan mempunyai wadah yang memberikan manfaat untuk mengembangkan pemikirannya secara kritis, analitis, dan solutif. Karna sebaik-baiknya manusia adalah ketika ia dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Begitu pula dengan mahasiswa, yang dapat memberikan manfaat dan pengaruh untuk masyarakat dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju dengan taraf hidup yang layak dan keadilan yang merata.

0 komentar: