Minggu, 25 Agustus 2013

Konferensi Mahasiswa Hukum Indonesia (KMHI) dan Musyawarah Nasional Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (MUNAS IPMHI)



Dilaksanakan pada hari Jumat 14 Juni 2013. Dalam Konferensi Mahasiswa Hukum Indonesia (KMHI) dan Musyawarah Nasional Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (MUNAS IPMHI) tidak ada pembicara ataupun juri, karena dalam berjalannya acara ini dipimpin oleh Sekretaris Jenderal IPMHI dan Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO), dan acara ini berjalan baik dan lancar dari awal acara hingga akhir acara.

Bagian I : Konferensi Mahasiswa Hukum Indonesia (KMHI)

Konferensi Mahasiswa Hukum Indonesia yang selanjutnya disingkat KMHI, adalah suatu kegiatan dari rangkaian acara Pekan Hukum Nasional 2013 yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan tema “Aksesibilitas Hukum bagi Rakyat Indonesia”. Kegiatan nasional ini membahas tentang aksesibilitas hukum bagi rakyat Indonesia dikarenakan melihat gejala sosial dan fenomena yang terjadi di masyarakat Indonesia yang masih mengalami krisis keadilan dan kurangnya efisiensi kerja pemerintah dalam menangani berbagain masalah yang terjadi. Pemerintah cenderung memperlihatkan suatu tindakan yang tidak adil dibanding upaya yang harusnya dilakukan untuk kesejahteraan rakyat dengan begitu mahasiswa perlu membahas perihal ini sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dan negara tercinta. Mahasiswa sebagai agent of change sendiri merupakan bagian dari masyarakat Indonesia jadi sudah sepantasnya ikut serta dan berperan dalam menegakkan keadilan. Dengan adanya konferensi ini memberikan peluang dan kesempatan bagi mahasiswa hukum Indonesia untuk menyampaikan pendapat, gagasan, maupun ide-ide kritis yang mampu memberikan perubahan serta menghasilkan suatu inovasi serta terobosan baru dalam rangka mewujudkan aksesibilitas hukum bagi rakyat Indonesia yang optimal, efekltif, dan berkeadilan sosial sebagaimana telah diamanatkan dalam Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia sebagai Konstitusi Bangsa Indonesia.

Bagian II : Musyawarah Nasional Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (IPMHI)

Suatu kegiatan yang di dalamnya membahas mengenai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dan Konstitusi daripada Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (IPMHI). Dengan berjalannya satu periode kepengurusan periode 2012-2013 maka perlu diadakan suatu perubahan Konstitusi seiring dengan perkembangan dalam berjalannya satu periode kepengurusan periode 2012-2013 agar kepengurusan berikutnya dapat berjalan lebih baik. Disamping membahas perubahan Konstitusi, Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia memilih Sekretaris Jenderal ( Sekjen ) dan membentuk pengurus baru untuk masa jabatan / periode 2013-2014 serta melaksanakan rekruitmen anggota baru Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia. Dari hasil musyawarah tersebut dihasilkan keputusan sekjen terpilih sebagai berikut:
  1.  Risma Wati (Universitas Katolik Parahyangan) sebagai Koordinator Sekjen,
  2. Muchlas Hamidy (Universitas Islam Indonesia),
  3. Alfiandi Sang Revolusioner (Universitas Malikussaleh),
  4. Hasanuddin Ismail (Universitas Hasanuddin), dan
  5. M. Haedar Arbit (Universitas Hasanuddin).

0 komentar: