Minggu, 25 Agustus 2013

Lomba Perancangan Kontrak Tingkat Nasional Piala Rektor Universitas Sebelas Maret 2013



Sebagai seorang mahasiswa hukum, keterampilan untuk menyusun sebuah kontrak dan juga melakukan negosiasi terhadap kontrak yang telah mereka susun merupakan hal wajib yang perlu dikuasai oleh seorang sarjana hukum nantinya. Sebuah kontrak dibuat berdasarkan kasus posisi yang telah diberikan oleh panitia yang nantinya dapat diolah kembali secara lebih mendalam oleh para peserta. Tema kegiatan ini adalah “Mewujudkan Kontrak Pertambangan Berbasis Kesejahteraan Rakyat” dengan tahapan kegiatan Lomba Perancangan Kontrak Tingkat Nasional ini meliputi seleksi pemberkasan dan seleksi presentasi yang terdiri dari negosiasi, presentasi kontrak hasil negosiasi yang dilakukan oleh peserta. Dari hasil akumulasi penilaian juri pada seleksi pemberkasan dan seleksi presentasi, maka ditentukan Juara 1 dan juga Juara 2 pada lomba ini.

Tujuan umum dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memunculkan ide-ide atau gagasan kreatif guna mewujudkan kontrak pertambangan yang berbasis kesejahteraan rakyat. Selain itu, lomba ini juga untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa agar mampu memperjuangkan tujuan negara melalui perancangan kontrak yang dapat menciptakan kemakmuran rakyat Indonesia. Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan ini yaitu:
  1. Sebagai sarana pengembangan intelektualitas mahasiswa dibidang ilmiah;
  2. Sebagai media pengaktualisasian dalam bidang negosiasi melalui perancangan kontrak pertambangan yang berbasis kesejahteraan rakyat Indonesia;
  3. Sebagai media pengembangan berpikir kritis terhadap permasalahan-permasalahan nyata yang aktual.
  4. Melatih mahasiswa Fakultas Hukum dalam bidang perencanaan kontrak;
  5. Mengembangkan pola pikir mahasiswa untuk dapat berpikir kritis, logis, dan solutif terhadap permasalahan nyata yang ada disekitarnya; dan
  6. Mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa Fakultas Hukum dari berbagai Universitas di Indonesia;
Lomba ini dimulai dengan seleksi pemberkasan yang dibuka pada tanggal 26 Maret 2013 hingga 2 Mei 2013. Seleksi pemberkasan ini diikuti lima belas tim dari berbagai universitas di Indonesia, antara lain dua tim dari Universitas Indonesia, tiga tim Universitas Padjajaran, satu tim Universitas Katholik Parahyangan, tiga tim Universitas Diponegoro, satu tim Universitas Negeri Semarang, satu tim Universitas Airlangga, satu tim Universitas Islam Indonesia, satu tim dari Universitas Mataram, satu tim dari Universitas Sebelas Maret, dan satu tim Universitas Mulawarman. Dari lima belas tim, terpilihlah empat peringkat berkas teratas yang akan mengikuti seleksi presentasi, yaitu:
  • Tim Kemper - Universitas Indonesia; 
  • Tim Meyer - Universitas Padjadjaran; 
  • Tim Vollmar - Universitas Khatolik Parahyangan; dan 
  • Tim Marsh and Soulsby - Universitas Negeri Semarang. 
Seleksi Presentasi yang terdiri dari negosiasi, presentasi kontrak hasil negosiasi yang dilakukan oleh peserta diselengarakan di Fakultas Hukum Universitas Sebelas pada tanggal 12 Juni 2013 yang dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.40 WIB. Setelah seleksi pemberkasan dan seleksi presentasi telah dilaksanakan, maka terpilihlah juara 1 dan juara 2 yaitu:
  • Juara 1: Tim Vollmar - Universitas Khatolik Parahyangan; dan
  • Juara 2: Tim Marsh and Soulsby - Universitas Negeri Semarang.
Tim Penjurian dalam tiap seleksi ini terdiri dari akademisi dan praktisi yang membidangi tema lomba perancangan kontrak pertambangan minyak dan gas ini. Untuk tim penjurian seleksi pemberkasan terdiri dari: 
  1. Bapak Muhammad Budiman, S.H., Sp.N. yang notabene seorang prefesional yang sering menggeluti bidang kontrak pertambangan, 
  2.  Bapak Prof. Adi Sulistiyono, S.H., M.H. yang notabene seorang guru besar yang membidangi hukum kontrak, dan 
  3. Ibu Dr. Nanuk Trihastuti, S.H., H.Hum. yang notabene seorang ahli bidang pertambangan Minyak dan Gas. 
Sedangkan untuk tim penjurian seleksi presentasi terdiri oleh: 
  1. Bapak C. Dr. M. J. Widijatmoko, S.H. yang notabene seorang prefesional yang menggeluti bidang kontrak pertambangan, 
  2. Bapak Moch. Najib Imanullah, S.H., M.H., Ph.D. yang sorang ahli bidang pertambangan Minyak dan Gas, dan 
  3. Bapak Drs. Supriyadi, S.H., L.L.M. yang notabene seorang praktisi di bagian legal PT Pertamina Hulu Energi.

0 komentar: