Minggu, 22 Desember 2013

Jurnal Retrival Volume 5 Nomor 1 Edisi Desember 2013


Puji Syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas kelancaran dan kemudahan dalam penyusunan Jurnal Retrival sehingga pada tanggal 20 Desember 2013 di R.1101 Gedung 1 Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret telah terbit Jurnal Retrieval Volume 5 Nomor 1 Edisi Desember 2013. Jurnal ini merupakan salah satu media penyajian karya-karya dan gagasan penulis yang diterbitkan oleh Kelompok Studi dan Penelitian (KSP) “Principium” Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Jurnal Retrieval ditujukan bagi pakar, para akademisi, dan pemerhati dibidang hukum. Namun secara khusus, Jurnal Retrieval juga sebagai wadah mengapresiasi karya mahasiswa fakultas hukum, baik tulisan yang bersumber dari hasil penelitian maupun kajian kritis ilmiah.

Ada pun ragam tulisan yang disajikan pada edisi ini diantaranya adalah unifikasi sistem jaminan kesehatan masyarakat kuota/non-kuota sebagai instrumen pelayanan kesehatan guna mewujudkan indonesia yang berkeadilan sosial, taman pendidikan hukum (TPH) sebagai langkah progresif dalam upaya membangun kesadaran hukum bagi masyarakat miskin, akselerasi penguatan perekonomian syariah indonesia melalui program jaminan simpanan syariah komprehensif (JSSK) bagi lembaga keuangan syariah, menggagas pembentukan undang-undang khusus sebagai dasar hukum tentang penentuan jenis badan hukum baitu maal wat tamwil, optimalisasi pembangunan negara melalui renegosiasi kontrak karya pertambangan (studi kasus kontrak karya PT. Newmont Nusa Tenggara), optimalisasi Perguruan Tinggi sebagai Guardian Judicial Of Conduct melalui model pusat studi perilaku hakim (sebuah model jejaring komisi kudisial di daerah), manifestasi mahasiswa hukum dalam sosialisasi pemilihan umum guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menekan angka golput, dan model pendidikan antikorupsi di perguruan tinggi sebagai strategi untuk memutus rantai dinasti korupsi.

Redaksi berharap dengan hadirnya Jurnal Retrieval menjadi pematik untuk senantiasa "memulihkan kembali" ide-ide baru yang sudah tercurah untuk selanjutnya menelurkan kembali karya ilmiah yang lebih baik. Selain itu, Jurnal Retrival ini diharapkan menjadi informasi ilmiah yang memiliki kemanfaatan di bidangnya.

Pemesanan Jurnal Retrieval dapat melalui Klik disini!


Kepala Divisi Humas memberikan Jurnal Retrieval Volume 5 No.1 Edisi Desember 2013 kepada Kepala Divisi Kesekretariatan sebagai perwakulan Ketua Umum KSP Principium karena berhalangan hadir.


0 komentar: