Kamis, 07 Juli 2011

KSP “Principium” FH UNS on Upgrading sesion


Acara principiumers terkini adalah Upgrading yang sudah diselenggarakan selasa 5 Juli 2011 tepatnya di Bumi Perkemahan Taman Makam Pahlawan Surakarta. Acara – acaranya terangkai secara apik dengan pembicara dari principiumers senior diantaranya Mbak Tami, Mas Yovi, Mas Aji’, Mbal Lilin, Mbak Fitri, Mbak Aya.
            Konsep acaranya sendiri merupakan penyampaian materi berbasis diskusi yang terbalut suasana keakraban yang kental. Sehingga materi dapat diserap oleh peserta Up Grade yaitu pengurus KSP “Principium” FH UNS periode 2011-2012, supaya wawasan serta komitmennya bisa terUpGrade juga sehingga menjalankan organisasi ini dapat terarah serta memberi manfaat seutuhnya.
            Materi yang pertama disampaikan oleh Mas Yovi selaku Ketua Umum Periode kepengurusan 2010-2011, yaitu tentang ke KSP-an. Tentang bagaimana sejarah KSP “Principium” FH UNS hingga berdiri kokoh sampai sekarang, visi misi KSP serta komitmen yang seharusnya diterapkan dalam organisasi apapun yaitu untuk selalu all out dalam mengemban tugas. Beliu juga berpesan agar jangan setengah – setengah dalam bekerja.
 Berikutnya Mas Aji’ menyampaikan materi tentang keorganisasian. Bagaimana beda mahasiswa dengan siswa, bagaimana seharusnya peran mahasiswa sehingga Tri Darma Perguruan Tinggi dapat tercapai secara maksimal, akselerasi kapasitas untuk menjelaskan bagaimana individu berlajar diantara orang – orang yeng memiliki perbedaan karakter, kemampuan serta cara berfikir untuk menyesuaikan diri dengan organisasinya.
 Kemudian Mbak Aya dengan motivasi berprestasinya, pembukaan materi yang disegarkan dengan yel – yel penambah semangat. Mbak Aya memaparkan bahwa kita harus punya mimpi sehingga dapat memotivasi kita secara positif tentunya untuk mencapai mimpi tersebut, mimpi jangka pendekkah atau mimpi jangka panjang. Begitu pula perlu adanya balancing antara Emitional Question dan Spiritual Quotion seperti yang dikutip dari pemikiran motivator terkenal Ary Ginanjar dalam bukunya ESQ. Dimana antara emosi dan spiritual itu harus seimbang porsinya.
selanjutnya adalah materi yang disampaikan oleh Mbak Tami, anggota luar biasa KSP “Principium” FH UNS. Materi yang disampaikan mengenai Keadministrasian dan Keprotokoleran. Memaparkan bagaimana cara membuat surat yang baik, membuat proposal kegiatan yang persuatif, meyakinkan dan menarik, serta berbagi pengalaman ketika masih aktif dalam keorganisasian yang mungkin lebih fokus pada divisi Kesekretariatan yang memang administrasi dipegang oleh divisi tersebut.

 Materi terakhir adalah permainan atau games yang seru oleh bimbingan Mbak Lilin dan Mbak Fitri. Permainan yang disampaikan tak hanya sekedar main – main belaka namun juga beresensi bahwa permainan tersebut dapat mengembangkan kecermatan, kerjasama yang baik, serta kekompakan peserta game yang secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh pada keorganisasian, meningkatkan kemampuan bermain strategi, serta tentunya dapat memeriahkan dan menceriakan suasana Upgrading.
 
Dengan berakhirnya acara Upgrading ini diharapkan mampu memperbarui komitmen pengurus KSP “Principium” FH UNS yang dulunya lemah menjadi kuat serta wawasan yang selama ini belum diketahui menjadi sebuah pengertian yang sangat berharga dalam kaitannya menjalankan tugas.

0 komentar: