Jumat, 29 November 2013

Awalnya Iseng tapi Jadi Iseng-Iseng Berhadiah


“Awalnya sih iseng tapi malah jadi pemenang” begitulah ungkap Fitri Melany yang merupakan salah satu finalis dari tim yang mendapat juara 2 ajang kepenulisan yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dalam lomba karya tulis ekspektasi 2013. Lomba ini mengangkat tema mengenai “Refleksi Dan Upaya Penegakan Hukum Progresive Di Indonesia  Guna Mewujudkan Masyarakat Berkeadilan”. Untuk itulah mengapa tim yang terdiri dari Fitri Melany, Galuh Purborini Wijaya dan Adhela Kurniartha Sekar Arum mengkaji mengenai putusan tentang Rasyid Rajasa.
Persiapan dari satu tim ini bisa dikatakan minim waktu, menurut mereka lomba ini mendadak baru mereka ketahui H-7 sebelum deadline pengumpulan berkas karna adanya kesalahan teknis yang menyebabkan undangan yang sebelumnya sudah dikirim tidak sampai. Apalagi saat itu ketiga principiumers ini sedang menempuh UKD (Uji Kompetensi Dasar) yang sangat penting untuk kuliahnya. Tapi memang benar dimana ada niat yang kuat disitu akan ada kesungguhan usaha. Mereka benar-benar sangat mempersiapkan UKD dengan dengan lomba.
Mereka tetap semangat belajar dan mempersiapkan lomba. Waktu di pagi hari mereka gunakan untuk belajar, siang hari setelah UKD untuk istirahat dan malam hari untuk memberkas begitu seterusnya hingga sampai pada saat presentasi mereka harus meninggalkan UKD. Syukurlah dalam mengerjakan lomba tidak mengalami kesulitan karna saat itu untuk mencari materi tidak susah banyak literatur yang bisa menjadi referensi apalagi berita mengenai kasus yang mereka kaji sedang hangat-hangatnya, faktual dan aktual pasti untuk media massa bahkan dosen pun membahas hal tersebut. Untuk perbedaan pendapat diantara ketiganya pastilah ada, mereka ada yang pro dan kontra yaaah seperti masyarakat pada umumnya, untuk menyamakan presepsi mereka bertiga melihat masalah itu seperti apa dan bagaimana suara terbanyak dari pendapat mereka, itulah yang mereka gunakan.
Kepesimisan mereka terbayar sudah dengan usaha sebaik mungkin dan menjadi motivasi. “Kalau kita bisa nulis, ketika kita ada niat kepengen membuat sesuatu tulisan jangan ketakutan terlebih dahulu semua materi kalau dicari di literatur lain pasti ada asalkan ada kemauan dan niat. Nulis hanya tinggal kemauan dan niat kalau kita mau ayoo kita berusaha menyusun sebuah tulisan yang memang itu usaha kita sendiri...” tambah Fitri Melany untuk memberikan motivasi untuk teman-teman yang lain. Kemenangan tersebut menjadi langkah awal untuk mereka ke depannya untuk bisa mengikuti lomba-lomba menulis lain dengan partner yang lain pula karna setiap orang itu memiliki keasyikan dalam berpikir yang berbeda-beda karna dengan perbedaan mampu memunculkan ide baru yang menambah ilmu, wawasan, sharing pengalaman. CONGRATULATIOOOOON!!!! J
SAY CHEESE !!! :))

0 komentar: