Jumat, 10 Juni 2011

PETITUM (Pelatihan Debat Hukum) KSP “Principium” FH UNS


KSP punya gawe, salah satunya PETITUM atau Pelatihan Debat Hukum yang merupakan suatu konsep kegiatan yang berkesinambungan guna meningkatkan dan menghasilkan kader – kader debat hukum di lingkungan fakultas hukum. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan kader – kader yang berkompetensi dalam kompetensi debat hukum. Program kerja dari divisi diskusi ini begitu revolusioner, karena dalam tubuh KSP “Principium” FH UNS sendiri sudah mengalir darah debater – debater handal yang mungkin sebelumnya belum mendapat wadah yang sesuai dari KSP “Principium” FH UNS sendiri. Oleh karenanya dengan adanya program ini akan dapat menyalurkan bakat yang sebelumnya terpendam menuju kompetensi debat hukum bergengsi yang sering diadakan baik tingkat fakultas hukum UNS sendiri, lintas universitas maupun setaraf nasional bahkan internasional.
Launching  PETITUM perdana telah dilaksanaka pada tanggal 12 Mei 2011 di ruang 1101 Fakultas Hukum UNS. Dan dibuka oleh bapak Suranto S.H., M.H. selaku Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan serta penyampaian materi oleh bapak Muhammad Rustamaji S.H., M.Hum. Pada PETITUM pertama dibentuk kelompok – kelompok debat yang terdiri dari tiga orang dalam satu kelompok. PETITUM kedua merupakan penyampaian materi oleh bapak Isharyanto S.H., M.Hum mengenai Argumentasi Hukum (Legal Opinion) bagaimana membangun keterampilan yang efektif, karena membangun argumentasi hukum sangat diperlukan dalam debat hukum yang tentunya suatu argumentasi yang memiliki dasar. Hal tersebut dapat dimulai dengan banyak membaca dokumen hukum secara efisien, yang justru kurang efisien dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa fakultas hukum belakangan ini.
 
Selanjutnya dilaksanakan secara kontinyu setiap seminggu sekali pada hari yang sama. Awalnya memang dilaksanakan setiap hari kamis. Namun dengan beberapa pertimbangan akhirnya pelaksanaan berikutnya setiap hari jumat mulai tanggal 10 Juni 2011, ini adalah pelaksanaan PETITUM yang ketiga.

0 komentar: