Minggu, 07 Juli 2013

Pekan Hukum Nasional 2013



Pekan Hukum Nasional 2013 terdiri dari lima rangkaian kegiatan yakni; Lomba karya Tulis Mahasiswa piala bergilir Mahkamah Agung, Lomba Perancangan Kontrak Tingkat Nasional Piala Rektor UNS, Workshop Nasional, Konferensi Mahasiswa Hukum Indonesia (KMHI), dan Seminar Nasional. Kegiatan Pekan Hukum Nasional 2013 ini bertemakan “Aksesibilitas Hukum bagi Rakyat Indonesia”. Semua kegiatan ini sangat diperlukan dalam rangka menambah wawasan serta meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap isu-isu nasional. Selain itu, kegiatan ini juga untuk menunjang mahasiswa agar berpikir kritis, analitis, serta solutif terhadap permasalahan disekitarnya. Dalam hal lain, kegiatan ini sangat penting untuk menemukan bakat-bakat daripada mahasiswa agar dapat dikembangkan dan tersalurkan dengan baik dalam ajang nasional maupun internasional.

Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan Pekan Hukum Nasional 2013 ini:
  1. Meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya aksesibilitas hukum bagi rakyat Indonesia untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara hukum yang lebih baik. 
  2. Mengembangkan kemampuan mahasiswa di bidang penalaran dan penulisan dalam lingkup penulisan hukum. 
  3. Melakukan kajian terhadap isu hukum yang bersifat krusial dan menuntut untuk segera dicarikan permasalahan terhadap isu-isu tersebut melalui pertemuan antar mahasiswa hukum. 
  4. Melakukan skill improvement terhadap kemampuan hukum yang wajib dikuasai oleh mahasiswa hukum guna menciptakan praktisi maupun akademisi di bidang hukum yang mumpuni. 
  5. Terbentuknya mahasiswa yang sadar hukum, serta bersikap kritis, analitis, dan solutif terhadap berbagai permasalahan nasional. 
  6. Mempererat tali silaturrahim antarmahasiswa di seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

0 komentar: